Thursday, November 26, 2015

ORGANISASI PASAR

Pasar adalah bertemunya produsen dan konsumen untuk mengadakan transaksi. Ada empat model organisasi pasar:

  1. Pasar persaingan sempurna (perfect competition)
  2. Pasar monopoli (monopoly)
  3. Pasar oligopoli (oligopoly)
  4. Pasar persaingan monopolistik (monopolitie competition)
   Dua model pasar yang pertama, pasar persaingan sempurna dan monopoli merupakan model yang ekstrem, yang satu jumlah penjual dan pembeli sangat banyak dan yang kedua hanya satu penjual. Dua model yang pertama jarang ditemui atau bahkan tidak pernah ada dalam kenyataan, akan tetapi berbagai hasil analisis model ini dapat memberikan penjelasan dan prediksi (prediction) yang baik.

  Sedangkan dua model terakhir yang lebih mendekati kenyataan menimbulkan banyak model teori yang bemacam-macam dan kenyataan analisis yang digunakan banyak menggunakan pendekatan dua model pertam dengan modifikasi dan mengurangi pemahaman pokok. Memang dua model terakhir ini, oligopoli dan persaingan monopolistik terletak diantara persaingan sempurna dan monopoli. Oligopoli ada beberapa penjual (lebih dari satu) tetapi tidak banyak monopoli competition penjual banyak tetapi barang tidak homogen.

A. Pasar Persaingan Sempurna (perfect competition)
   Pada dasarnya pasar persaingan sempurna (PPS) tidak mengenal kompetisi antar perusahaan karena kesemprnaan yang dimilikinya baik dari sisi produk, penjual, pembeli, maupun informasi yang dimiliki pembeli dan penjual. Pada PPS semua variabel ekonomi terutama tentang harga (price) ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan pasar, dan bukan tindakan dari perusahaan. Lain lagi pada pasar global, cukup kompetitif perusahaan satu dalam menentukan produksinya masih menunggu reaksi dari perusahaan lain. Jadi kebijakan-kebijakan perusahaan dilakukan dengan pertimbangan keberadaan perusahaan lain.

Keberadaan PPS secar realitas tidak ada, karena ia hanya ada secara teori. Namun demikian pasar global dewasa ini mengarah pada konsep PPS dalam arti, variabel harga ditentukan oelh kekuatan tarik menarik antara penawaran dan permintaan pasar.

Kajian teori banyak menyebutkan bahwa PPS identik dengan pasar persaingan murni (pure competition). Persaingan murni penekannya hanya pada situasi tanpa adanya monopoli sama sekali. Sedangkan pada PPS penekannya pada mobilitas sumber daya dan pengetahuan yang sempurna baik pada pembeli maupun penjual. Misalnya adanya inovasi teknologi pada satu perusahasaan, maka perusahaan lain segera mengetahuinya. Secara subtansi sebenarnya sama. Atas dasar keadaan inilah, maka ekonomi sering menggunakan PPS dari pada pasar murni sehingga dari persyaratan yang ada PPS mempunyai beberapa ciri-ciri.


--------***--------

Mau Penghasilan Uang lewat ONLINE tanpa modal:
1. Dapatkan uang dollar dengan Cryptohuge Gratis USD 100

0 komentar:

Post a Comment